Home » » Cara Riset Keyword yang Belum Banyak Diketahui Orang Lain (bahkan Kompetitor anda)

Cara Riset Keyword yang Belum Banyak Diketahui Orang Lain (bahkan Kompetitor anda)

Dari segala pembicaraan dunia SEO saat ini tentang konten, authorship dan sinyal sosial ada hal kecil yang terlupakan yang seharusnya merupakan pondasi dari SEO yaitu riset keyword.

Keyword itu seperti kompas untuk kampanye SEO anda, dia memberi tahu kemana anda harus pergi dan menunjukkan proses kemajuan lebih baik atau tidak?

Sebelum kita lanjutkan cara riset keyword, alangkah lebih baiknya jika anda mengetahui informasi berikut terlebih dahulu.

cara riset keyword terbaru yang belum banyak orang tahu

Apa itu keyword?

Keyword adalah sebuah kata yang digunakan oleh mesin pencari untuk mencari halaman web yang relevan. Keyword dalam bahasa Indonesia biasa disebut kata kunci.

Manfaat Keyword, anda harus tahu cara mencari dan menggunakannya

Jika kebanyakan orang melakukan riset keyword dengan cara berikut :

Membawa beberapa potensial keyword yang mungkin dicari orang -> meletakkan keyword tersebut ke Google Keyword Planner -> memilih keyword berdasarkan jumlah pencarian dan tingkat persaingan

Maka, hari ini sudah berubah

Karena sekarang anda memiliki panduan yang komprehensif yang akan menunjukkan dengan tepat bagaimana menemukan kata-kata dan frase yang menggunakan target pasar anda untuk menemukan informasi di web.

Dan ketika anda menyesuaikan SEO anda pada halaman di sekitar kata kunci yang tepat, anda akan melihat situs anda meroket ke puncak Google.

Tapi perlu diperhatikan

Sebelum anda menjalankan alat penelitian kata kunci dengan satu judul tag, anda perlu mengidentifikasi niche/ ceruk pasar dalam industri anda.

Setelah anda menemukan ceruk pasar ini, anda akan dapat memanfaatkan kata kunci pembeli yang belum dimanfaatkan oleh pesaingan anda yang tidak tahu.


Niche Markets : Cara Pintar Riset Keyword

Seperti yang telah dijelaskan diatas, kebanyakan orang menggunakan alat peneliti Google Keyword Planner (GKP) untuk memulai proses riset keyword.

Ini adalah kesalahan BESAR

Kenapa? Karena sebagian besar hasil GKP menampilkan kata kunci yang terkait erat, dan ini tidak baik. Dengan kata lain, GKP hanya menunjukkan kepada anda kata kunci yang terkait sangat erat dengan kata kunci yang anda berikan.

Kata kunci yang erat tetapi tidak secara langsung, jarang diberikan kepada anda. Padahal kata kunci seperti ini sering menguntungkan di niche market anda.

Tidak heran jika banyak kata kunci yang tidak mungkin masuk peringkat sebab semua orang menargetkan kata kunci yang sama persis. Bukan berarti anda tidak boleh menargetkan kata kunci yang diberikan GKP pada anda.

Tetapi, jangan bergantung pada GKP!!

Ada tools lain diluar sana yang menunjukkan anda bahwa diluar sana masih banyak alat lain yang bisa dimanfaatkan. Untuk melakukan itu, anda perlu menentukan ceruk pasar/ niche market.

Baca juga cara mudah belajar seo untuk pemula

Niche Clouds : Cara Mudah untuk Mencari Niche Markets

Mungkin anda belum tahu,

Apa itu niche markets?

Niche markets adalah sebuah sub-segmen yang merupakan bagian dari pasar yang lebih besar.

Misal, anda menjalankan bisnis yang menjual ring basket.

Seperti yang kita lihat, GKP pada dasarnya tidak memberikan anda apa-apa selain kata kunci yang sangat, sangat erat terkait :

Sementara beberapa kata kunci tersebut mungkin sangat cocok dengan bisnis anda, sedangkan puluhan orang lain yang kurang kompetitif hanya berperan sebagai nilai (pengunjung, fans, pelanggan) dari situs anda.

Untuk menemukan kata kunci yang belum dimanfaatkan adalah dengan memetakan niche clouds pada industri anda. Niche Clouds adalah peta pikiran sederhana yang mengidentifikasikan ceruk terkait.

Contohnya, orang yang tertarik membeli ring basket juga mencari informasi mengenai :
  • Cara melakukan lemparan bebas yang lebih baik
  • Slam dunk Highlights
  • Cara direkrut oleh tim perguruan tinggi
  • Bagaimana meningkatkan lompatan vertikal
Masing-masing pencarian tersebut merupakan bagian unik dari niche market yang terkait erat. Misalnya, "Cara melakukan lemparan bebas yang lebih baik" merupakan bagian dari niche market "lemparan bebas".

Niche markets biasanya merupakan ceruk tersempit yang bahkan tidak cukup besar untuk mendukung situs web atau produk, artinya ceruk yang benar-benar sempit dan tidak diperhitungkan.

Faktanya (sementara beberapa Niche markets menghubungkan anda dengan 10 atau lebih kata kunci) sebagian besar akan memiliki 2-5 kata kunci dengan volume pencarian yang cukup dan niat komersialisasi dari anda untuk mengoptimalkan halaman sekitar.

Tapi ketika anda menggabungkan mereka bersama, anda akan mendapatkan bahwa anda memiliki kata kunci dengan tingkat persaingan rendah tanpa anda duga sebelumnya. Niche clouds membantu menemukan semua Niche markets dalam industri anda dengan super mudah.

Berikut ini adalah cara untuk melakukannya :


Membuat Peta Niche Clouds Pertama Anda

Tujuan dengan peta Niche Clouds anda adalah untuk memetakan "clouds" yang berbeda yang cenderung mengapung disekitar industri yang sebenarnya. Setiap awan merupakan niche markets.

Yang anda butuhkan adalah perangkat lunak pemetaan pikiran atau (cara sekolah dulu) pena dan kertas. Setidaknya anda harus mempunyai 5 niche markets berbeda di kepala anda yang cukup untuk menemukan beberapa kata kunci yang besar.

Jika anda kesulitan atau ingin menemukan lebih banyak niche markets, berikut ini adalah strategi yang bisa anda manfaatkan.

Forum

Cara termudah untuk menemukan dimana tempat target audien anda berkumpul adalah dengan menggunakan string pencarian ini di Google :

"Keyword" + "forums" 
"Keyword" + "forum" 
"Keyword" + "board"


Daftar Isi Wikipedia

Wikipedia adalah tambang emas yang sering diabaikan dari peneliti niche. Dimana lagi anda dapat menemukan ikhtisar tentang topik yang dikuratori oleh ribuan pakar industri dan disusun dalam kategori kecil yang rapi?

Berikut adalah cara menggunakan Wikipedia untuk menemukan niche markets :



Kepala, Badan dan Ekor

Sekarang anda telah mengidentifikasikan kelompok besar niche markets, saatnya menemukan beberapa kata kunci.

Kebanyakan orang di SEO (termasuk saya) membagi kata kunci menjadi tiga kategori utama : Kepala, Badan dan Ekor.

Head Keywords (Kepala)

Ini biasanya satu kata kunci dengan jumlah volume pencarian dan kompetisi yang cukup tinggi (misalnya, "asuransi" atau "vitamin"). Karena pencari berasal dari seluruh tempat (seseorang mencari "asuransi" mungkin mencari kutipan asuransi mobil, daftar perusahaan asuransi jiwa atau definisi dari kata), untuk itulah Head Keyword biasanya tidak mengkonversi dengan baik.

Body Keywords (Badan)

Body keywords terdiri dari 2-3 frase kata yang mendapatkan volume pencarian yang layak (setidaknya 2.000 pencarian per bulan), tetapi lebih spesifik daripada Head Keywords. Contoh dari body keywords yaitu "asuransi jiwa" atau "order vitamin secara online". Ini memiliki tingkat persaingan lebih rendah daripada head keywords tetapi masih bisa sangat kompetitif.

Long Tail Keywords (Ekor)

Kata kunci long tail keywords itu panjang, bisa 4 bahkan lebih frase kata yang biasanya sangat spesifik. Frasa seperti "asuransi hidup terjangkau untuk manula" dan "order kapsul vitamin D secara online" adalah contoh long tail keywords. Meskipun long tail keywords tidak mendapatkan volume pencarian individual ketika digabungkan bersama long tail keyword membuat sebagian pencarian online.

Sangat disarankan untuk menempatkan sebagian besar usaha anda pada body keywords dan long tail keywords.

Mengapa?

Seperti saya sampaikan diatas, head keywords memiliki syarat a) super kompetitif dan b) tidak mengkonversi dengan baik. Jadi head keywords berada diluar.

Intinya, body keywords yang disertai long tail keywords memiliki performa lebih baik untuk meningkatkan traffic bila dibandingkan dengan head keywords.

Namun bukan berarti long tail keywords tidak memiliki masalah.

Maksudnya?

Setiap long tail keywords mungkin hanya mendapatkan 100-1000 pencarian per bulan. Yang berarti, untuk mendapatkan traffic yang banyak dari mesin pencari dengan long tail keywords anda perlu membuat puluhan bahkan ratusan artikel. Masing-masing dioptimalkan sekitar long tail keywords tunggal. Penerbitan rim konten berfokus pada long tail keywords menempatkan anda pada resiko serius hukuman Google Panda.

Bagaimana anda melakukan riset keyword, masihkah menggunakan cara yang lama? Atau justru memilih menggunakan jasa riset keyword?

Demikian cara riset keyword yang belum banyak diketahui orang, semoga bermanfaat.
Thanks for reading Cara Riset Keyword yang Belum Banyak Diketahui Orang Lain (bahkan Kompetitor anda)

Newest
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment